Saat ini staff, relawan maupun pengunjung kantor BPBD Kota Probolinggo diharuskan memastikan dirinya BEBAS COVID-19 dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk area Kantor maupun ruang PUSDALOPS.  Selain memastikan menerapkan Protokol Kesehatan 3M (Mencuci tangan, Memakai Masker dan Menjauhi Kerumunan) pimpinan Badan yang membidangi masalah kebencanaan ini menambahkan satu protokol tambahan yakni memastikan setiap pengunjung baik itu staff, relawan hingga tamu telah terverifikasi dalam aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan pemerintah untuk melakukan pelacakan terkait penyebaran COVID-19. Fungsi aplikasi PeduliLindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Ini bertujuan agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Selama PPKM berlangsung, aplikasi PeduliLindungi mulai digunakan sebagai syarat mengakses layanan atau tempat tertentu. Salah satu ketentuan membutuhkan aplikasi ini adalah syarat masuk area perkantoran/ instansi pemerintahan.

Untuk dapat masuk kantor maupun ruang lain di kantor BPBD Kota Probolinggo, pengunjung perlu menyiapkan aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung kemudian harus melakukan pemindaian barcode yang sudah disediakan. Apabila aplikasi telah memastikan bahwa calon pengunjung dinyatakan BEBAS COVID-19, staff maupun petugas yang berjaga akan memberikan akses masuk kedalam area kantor BPBD Kota Probolinggo.

Lalu bagaimana sebenarnya manfaat diterapkannya pelacakan mengunakan PeduliLindungi bagi instansi pemerintah maupun masyarakat pada umumnya ?? Berikut manfaat aplikasi PeduliLindungi adalah sebagai berikut:

  1.  Memberikan peringatan pada pengguna

Pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

2.  Pengawasan (surveillance)

Dengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. Pemerintah jadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

3.  Mengunduh sertifikat vaksin

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini.

4.  Informasi hasil tes COVID-19

Dalam aplikasi PeduliLindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

5.  Sebagai bukti untuk mengakses layanan publik

Aplikasi ini juga sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum. Hanya dengan  menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi Anda. (CNN)