Walikota Probolinggo bersama Kapolres Probolinggo Kota memeriksa barisan peserta apel dalam APEL GELAR PASUKAN “PAMOR KERIS”

 

Probolinggo – Sebagai bentuk penguatan ikhtiar dalam rangka menekan penyebaran virus covid-19 khususnya varian omicron, forkopimda Kota Probolinggo menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan “PAMOR KERIS” – Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan. Walikota dalam sambutannya menekankan perlunya pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat dimasyarakat guna memutus mata rantai COVID-19 ini.

“Omicron ini merupakan varian yang lebih massif tingkat penyebarannya dibanding varian sebelumnya,” imbuh Habib Hadi.

WaliKota Habib Hadi yang didampingi Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono dan Kapolresta Probolinggo Wadi Sa’bani, dihadapan puluhan peserta apel menyampaikan bahwa tim PAMOR KERIS yang baru saja dilaunching ini bertugas untuk memastikan prokes betul-betul dilaksanakan dengan cara preemtif melalui sosialisasi, imbauan baik secara langsung di sentra publik maupun di media massa dan media sosial. Bahkan tak hanya itu, tindakan preventif berupa patroli “Protokol Kesehatan” yang selama ini sudah berjalan, harus lebih dioptimalkan melalui pengecekan barcode aplikasi peduli lindungi, yang wajib dipasang di tempat-tempat keramaian. Bilamana perlu tindakan refresif atau yustisi harus dilakukan sesuai dengan perundangan yang berlaku, secara tegas dan terukur.

“Hal ini perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap suatu aturan yang telah diberlakukan,” tegasnya.

Pemerintah Kota Probolinggo mendukung penuh kegiatan ini. “Bersama TNI/Polri, kami siap mengendalikan angka penyebaran covid di Kota Probolinggo yang Alhamdulillah masih belum ada peningkatan signifikan. Semoga semuanya sehat, semua patuh dan Kota Probolinggo lebih baik,” tandasnya.

Apel Gelar Pasukan “PAMOR KERIS” ini serentak diadakan diseluruh wilayah hukum POLDA JAWA TIMUR dan KODAM V BRAWIJAYA, khusus di Kota Probolinggo peserta apel diikuti dari unsur TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, BPBD serta Dinas Kesehatan. Usai apel  Walikota bersama Kapolres Probolinggo Kota memeriksa pasukan serta ranmor yang akan digunakan untuk “Show of Force”. Sesuai arahan Gubernur Jawa Timur penekanan kegiatan ini diantaranya pelaksanaan deteksi dan intervensi dini serta pemetaan kerawanan di masing-masing lokasi sehingga pelaksanaan patrol dapat tepat sasaran. Selain itu, kegiatan preventif dan preemtif berupa giat edukasi pada masyarakat tentang pentingnya prokes, dengan cara yang humanis dan profesional dan menghindari tindakan arogan.

 

Puluhan ranmor dinas peserta apel melaksanakan “Show of Force” dengan rute Jl. P. Sudirman – Jl. Pahlawan – Jl. Cokro – Bunderan Gladak Serang – Jl. Slamet Riyadi – Taman Maramis – Jl. Gub. Suryo – Jl. Supriyadi – Jl. Soetta – Jl. Panjaitan – Jl. A. Yani – Jl. Suroyo hingga berakhir kembali ke depan Kantor Pemkot Kota Probolinggo.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo saat ditemui terpisah menyampaikan bahwa sesuai arahan serta petunjuk Walikota, BPBD siap mengawal dan mendukung program pemerintah ini salah satunya dengan menyiapkan kebutuhan logistik Protokol Kesehatan diantaranya Masker, Handsanitizer, Sabun Cuci tangan dan lain-lain.

“Dalam waktu dekat BPBD juga akan mengagendakan Penyemprotan disifektan dibeberapa titik serta mendorong masyarakat untuk secara mandiri melakukan Vaksin guna mencegah penyebaran omicron” tandas Kalaksa.