Kedopok – Ditengah suasana arus mudik lebaran kali ini, Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo mendapat perhatian dari BNPB yakni kunjungan Wakil Koordinator Tim pemantauan arus mudik dan arus balik dalam rangka Hari Raya idul fitri 1443H di provinsi Bali sekaligus Kepala Bidang Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi BNPB dr. Riswandi, M.M pada hari jumat 29 April 2022.

Dalam kunjungan ini rombongan meninjau langsung ruang kendali Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo diterima langsung oleh Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo didampingi Kasie. K/L BPBD Kota Probolinggo Yudha Arisandy, Kasie. P/K Nurcholiq serta Kasie. R/ R Sholehuddin Ayyub.

Kalaksa menyampaikan bahwa salah satu program saat dirinya diberi amanah mengelola OPD yang berhubungan dengan kebencanaan di Kota Probolinggo adalah membangun Pusdalops. Harapannya Pusdalops ini mampu memberikan andil sesuai tupoksi yang telah diamanatkan oleh negara melalui UU.

“.. Pusdalops (ini) merupakan cita-cita saya semenjak saya berada di BPBD Kota Probolinggo, alhamdulillah hal ini telah terwujud berkat kerjasama rekan-rekan semua” ungkap Sugito.

Sementara itu dr. Riswandi menyampaikan bahwa untuk Kota Probolinggo dengan tingkat kerentanan bahaya yang sedemikian kecil mampu membangun Pusdalops Mandiri adalah patut diapresiasi dan dihargai.

“.. Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo sudah cukup representatif sebagai Pusdalops Mandiri” ujar Riswandi saat meninjau langsung ruang kendali Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo.

Selain itu pengembangan Pusdalops agar terus dimaksimalkan disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah dan Masyarakat khususnya dalam deteksi dini bencana.

dr. Riswandi juga menyoroti perlunya sentuhan inovasi terkait layanan masyarakat serta untuk lebih mengoptimalkan jejaring komunikasi radio. (CNN)