Kelurahan Kedunggaleng Kec. Wonoasih serta Kelurahan Sukoharjo Kec. Kanigaran masing-masing menyabet juara dalam Lomba Kelurahan/ Desa Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021. Kota Probolinggo dalam ajang Kelurahan/ Desa Tangguh Bencana tahun ini mengirimkan 3 (tiga) nominasi untuk kategori Pratama, Madya dan Utama. Namun pada akhirnya hanya 2 (dua) kelurahan yang ditetapkan sebagai pemenang Lomba Kelurahan/ Desa Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021 sesuai SK Gubernur Jawa Timur NOMOR 188/594/KPTS/013/2021 tentang Pemenang Lomba Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Kelurahan Sukoharjo merupakan satu-satunya Kelurahan di Kecamatan Kanigaran yang berhasil menyabet juara pada Lomba Kelurahan/ Desa Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021. Hal ini tak lepas dari peran para relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Probolinggo khususnya kelurahan Sukoharjo. Forum yang berunsurkan PenthaHelix (5 pilar) ini bekerjasama membantu pemerintah dalam hal mengurangi dampak/ resiko Bencana baik sebelum, pada saat hingga pasca bencana. Bagaimana sebenarnya sebuah wilayah yang berpotensi terkena bencana maka peran sebuah forum yang dibangun oleh BPBD Kota Probolinggo sebagai “leading” Kebencanaan Lokal dapat mengurangi dampak sosial/ non-sosial, materi hingga korban jiwa.

Kegiatan tim penilai BPBD Jatim yang terdiri dari unsur Kesehatan, Dinas Sosial, Tim Ahli Kebencanaan, Bapedda, FPRB dan SRPB diterima langsung oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan Ir. Gogol Sudjarwo, Camat Kanigaran AGUS RIANTO, S.STP., M.Si serta didampingi oleh Kalaksa BPBD Kota Probolinggo SUGITO PRASETYO,S.STP,.MM. Setelah tim penilai memberikan kisi-kisi serta aspek penilaian yang akan dihadapi oleh peserta, tim langsung bergerak menuju Lokasi Pengungsian, Lokasi terdampak bencana serta sentra UMKM binaan.

 

 

Dokumen hingga peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) tak luput dari pemeriksaan tim. Bahkan dengan menggunakan sepeda motor tim penilai masuk dan keluar wilayah KRB memeriksa rambu-rambu evakuasi serta jalur drainase didampingi oleh relawan FPRB kelurahan.

Sementara itu kelurahan Kedunggaleng Kecamatan Wonoasih yang masuk dalam kriteria Utama, tim penilai mengunjungi lokasi sungai kedunggaleng yang menjadi langganan banjir pada musim hujan tiba. Tim mendapatkan penjelasan langsung dari salah seorang relawan terkait mitigasi dan pada saat kejadian. Hal yang menarik adalah salah seorang penilai bertanya tentang bagaimana cara mengetahui koordinat sebuah lokasi namun tak ada seorang relawanpun yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

“Bagaimana kita bisa tahu koordinat dimana kita berada ini atau bisa ga tunjukkan saya koordinat lokasi yang terdampak bencana ??? tanya Wawan.

Lebih lanjut penilai mengajak para relawan yang mendampinginya untuk belajar tentang Pemetaan atau Penanda lokasi.

“… kalo ada waktu dan diberi kesempatan saya mau kok ngajari cara menandai sebuah lokasi menggunakan ponsel pintar ini …” ujar wawan sembari menunjukkan aplikasi penanda lokasi di ponsel pintarnya.

 

 

Ditempat terpisah Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo menyampaikan bahwa dengan adanya Lomba Kelurahan Tangguh Bencana tahun ini target sebenarnya bukan mencari siapa yang menang atau siapa yang kalah. Lomba ini dapat dijadikan contoh yang baik untuk kelurahan-kelurahan yang telah terbentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) agar lebih meningkatkan kemampuannya sedangkan bagi kelurahan yang belum terbentuk FPRBnya penilaian kali ini merupakan Pilot Project bersama-sama mengajak semua elemen masyarakat untuk mengurangi dampak atau resiko bencana. Diakhir penyampaian, bapak Kalaksa beserta Staff dan Relawan BPBD Kota Probolinggo mengucapkan “SELAMAT” atas diraihnya JUARA pada Lomba Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Hasil (lomba) ini merupakan buah dari kerja keras tim Lomba mulai dari tingkat Kelurahan, Relawan hingga staff BPBD Kota Probolinggo. (CNN)

 

Berikut lampiran SK Gubernur JAWA TIMUR tentang Pemenang LOMBA KELURAHAN/ DESA TANGGUH BENCANA Tingkat Prov. JATIM Tahun 2021

SK Pemenang Lomba Destana 2021