Puluhan personil dari berbagai instansi seperti Kepolisian, TNI, DISHUB, SAT-POL PP dan BPBD Kota Probolinggo disiagakan dihalaman Kantor Pemerintahan Kota Probolinggo pada hari Jumat (31/12/2021) guna mengantisipasi segala tindak pelanggaran kriminal dan protokol kesehatan yang akan berlangsung menjelang detik-detik pergantian tahun. Dalam Apel gelar pasukan, hadir Walikota Probolinggo Habib Hadi Zaenal Abidin, Kapolres Probolinggo Kota. Turut hadir pula Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo, Kasat POL PP Aman Suryaman serta Kepala DISHUB Agus Effendi.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dalam apel memberikan arahan bahwa Operasi kali ini merupakan Operasi “Show Force” (unjuk kekuatan:red) sekaligus merupakan tindakan preventif guna memutus mata rantai COVID-19. Dalam operasi kali ini akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pada malam hari tepatnya pukul 22.00 WIB dihimbau agar tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan massa. Dan pada pukul 22.00 WIB ini merupakan puncak operasi dimana telah disiapkan AWC Polres, Mobil Pemadam Kebakaran serta unsur dari BPBD Kota Probolinggo untuk melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan bilamana kondisi tidak memungkinkan sesuai protap yang telah disusun.

Tepat pada pukul 20.30 WIB iring-iringan mulai dari Walikota dan forkompimda menggunakan sepeda motor disusul kendaraan dinas terkait bergerak ke timur melintasi Jl. P. Sudirman, Jl. Pahlawan, Jl. HOS. Cokroaminoto, Bunderan Gladak Serang, Jl. Slamet Riyadi, Taman Maramis, Jl. Gubernur Suryo, Jl. Supriyadi, Jl. Soekarno Hatta, Jl. DI. Panjaitan, Jl. A. Yani, Alun-Alun, Jl. Suroyo dan berakhir kembali ke kantor Pemkot Probolinggo.

Berdasarkan hasil koordinasi pasca operasi, Walikota menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas perhatian warganya yang mengikuti himbauan pemerintah dengan tidak melakukan kegiatan diluar rumah serta tidak melakukan kegiatan yang memancing respon massa yang banyak. Sementara itu Kapolres Probolinggo Kota menyampaikan bahwa Operasi kali ini sesuai dengan protap yang telah ditentukan, dan Kapolres berharap semoga masyarakat Kota Probolinggo tetap patuh sesuai himbauan untuk menyambut pergantian tahun kali ini #dirumahsaja. (CNN)