Badan Penanggulangan Bencana Kota Probolinggo yang beralamat di Jl. Mastrip Kecamatan Kedupok Kota Probolinggo ini adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mulai dibentuk pada akhir tahun 2009 dan aktif secara penuh pada tahun 2010, merupakan SKPD yang tergolong baru dan khusus dibentuk sebagai unsur pendukung Walikota Probolinggo, dipimpin oleh Kepala Badan yang secara Ex officio di jabat oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Walikota terhadap hal-hal yang terkait dengan prosedur penetapan pencegahan, kesiapsiagaan, darurat, logistik, rehabilitasi dan rekosntruksi bencana.

Penanggulangan bencana sebagai dasar pelayanan SKPD kepada masyarakat menitikberatkan kegiatannya untuk mewujudkan konsep penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat, intinya yaitu masyarakat sebagai pelaku awal dalan penanggulangan bencana sekaligus korban harus mampu menangani bencana agar tidak berkembang menjadi lebih besar dan parah. Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menjaga dan kesejahteraan masyarakatnya yang sudah barang tentu tidak mengesampingkan faktor lainnya terutama masalah keamanan dan ketertiban serta kesadaran hukum yang menjadi faktor penting dalam pelayanan masyarakat.

 

 

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA PROBOLINGGO

Jl. Mastrip (Selatan Kantor Kecamatan Kedopok) Kota Probolinggo

Telp. (0335) 429664

Fax. (03350) 429661

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah sebagai satu organisasi instansi pemerintah harus memastikan agar visi yang telah ditetapkan bersama dapat diupayakan perwujudannya. Untuk kepentingan itu harus disusun suatu tahapan yang secara umum akan terbagi kedalam dua tahapan yakni apa yang hendak dicapai dan bagaimana upaya untuk mencapainya. Salah satu unsur dalam tahapan tersebut adalah penetapan misi organisasi yang dalam hal ini adalah misi SKPD.

Dalam rangka mewujudkan visi-nya maka ditetapkan misi yang di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Probolinggo tahun 2015 – 2019 sebagai berikut :

1) Mengembangkan kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi untuk menghadapi ancaman dan resiko bencana ;

2) Menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh;

3) Melaksanakan pemulihan kondisi dampak bencana dengan meningkatkan kemitraan dengan masyarakat;

4) Meningkatkan kemampuan SDM untuk menunjang pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan bencana.

 

 

Tujuan organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi organisasi yang mengandung makna:

1) Merupakan hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu sampai tahun terakhir renstra ;

2) Menggambarkan arah strategis organisasi dan perbaikan-perbaikan yang ingin diciptakan sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi ;

3) Meletakkan kerangka prioritas untuk memfokuskan arah sasaran dan strategi organisasi berupa kebijakan, program operasional dan kegiatan pokok organisasi selama kurun waktu renstra.

Berdasarkan arahan arti dan makna penetapan tujuan organisasi tersebut maka dalam kedudukannya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Probolinggo dalam mewujudkan misinya menetapkan tujuan sebagai berikut :

1) Untuk mewujudkan misi “ Mengembangkan kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi untuk menghadapi ancaman dan resiko bencana ”, maka ditetapkan tujuan :

Ø Mengembangkan kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan dan upaya pengurangan resiko bencana;

Ø Mengembangkan pengelolaan informasi bencana.

2) Untuk mewujudkan misi “ Menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh ” maka ditetapkan tujuan :

Ø Meningkatkan penanganan tanggap darurat saat bencana.

3) Untuk mewujudkan misi “ Melaksanakan pemulihan kondisi dampak bencana dengan meningkatkan kemitraan dengan masyarakat ” maka ditetapkan tujuan :

Ø meningkatkan peran serta masyarakat dan lembaga lainnya dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi.

4) Untuk mewujudkan misi “ Meningkatkan kemampuan SDM untuk menunjang pengetahuan dan ketrampilan dalam penanggulangan bencana ” maka ditetapkan tujuan :

Ø meningkatkan Pengetahuan dan ketrampilan SDM;

Ø meningkatkan kelancaran administrasi;

Ø Mengembangkan sarana dan prasarana pendukung dan informasi.