Kedopok – Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo diperkirakan selama bulan Desember tahun 2022 masih terpadat potensi curah hujan yang akan mengguyur sebagian besar wilayah Kota Probolinggo.

“.. Kami (BPBD) telah melansir data dari BMKG bahwasanya Kota Probolinggo masih berpeluang akan diguyur hujan hingga akhir tahun ini..” ujar Yudha.
Kasi. Kedaruratan & Logistik BPBD Kota Probolinggo ini juga menyampaikan bahwa diperkirakan puncak musim hujan yang akan terjadi diwilayahnya berkisar bulan Januari hingga Februari tahun 2023.

“.. Curah hujan yang akan mengguyur Kota Probolinggo berkisar 210 – 300 mm artinya hujan yang akan turun nanti bisa cukup deras malah mungkin bisa deras sekali..” imbuh Yudha

Sementara itu, guna mengantisipasi penanganan kejadian bencana diwilayah Kota Probolinggo, Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo telah menyiagakan tim TRC didukung peralatan pendukung.
“.. Saya telah memerintahkan tim TRC untuk selalu siaga dan memeriksa kondisi peralatan dan juga tidak lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan diri karena bencana tak mengenal waktu dan kondisi..” terang kalaksa.

Selain itu, BPBD juga telah memasang FEWS (Flood Early Warning System) yang berfungsi sebagai alat Peringatan Dini dan memantau aliran sungai Kedunggaleng dan Legundi.

“.. Saat ini Pemerintah Kota Probolinggo telah memasang dan mengaktifkan FEWS sebagai alat Pemantau Aliran sungai sekaligus sebagai alat Peringatan Dini. Alat ini telah terpasang di dam Kedunggaleng Wonoasih dan Dam Keleb Kademangan..” imbuh Sugito.

Curah Hujan (mm) merupakan ketinggian air hujan yang terkumpul dalam tempat yang datar, tidak menguap, tidak meresap dan tidak mengalir.
Curah Hujan 1 (satu) millimeter artinya dalam luasan satu meter persegi pada tempat yang datar tertampung air setinggi satu millimeter atau tertampung air sebanyak satu liter.

Sedangkan Curah Hujan Kumulatif (mm) merupakan jumlah hujan yang terkumpul dalam rentang waktu kumulatif tersebut.
Dalam periode musim, rentang waktunya adalah rata-rata panjang musim pada masing-masing Zona Musim (ZOM). Penjelasan terkait hal diatas disampaikan dalam rilis BMKG terkait Perkiraan Musim Hujan bulan Desember tahun 2022. (CNN)