Dalam rangka mengenalkan dan mengedukasi masalah kebencanaan sejak usia dini, pada hari kamis (17/03/2022) puluhan siswa didampingi para pengajar TKIT Permata 2 Kedopok Kota Probolinggo mengunjungi BPBD Kota Probolinggo. Para siswa disambut hangat oleh Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo beserta staf dan juga relawan.

Di ruang Aula serbaguna, para siswa menyaksikan video mengenai bencana  dan upaya penyelematan. Dipandu Kasi Kedaruratan/ Logistik Yudha Arisandy, para siswa diajak mengenal apa dan bagaimana bencana itu terjadi dan bagaimana cara menghadapi sebuah kejadian bencana.

Setelah cukup menyaksikan Film terkait kebencanaan, para siswa mengikuti Simulasi Penyelamatan Saat Terjadi Gempa. Dipandu para relawan, siswa-siswi dan juga para ustadzah TKIT Permata 2 Kedopok mempraktekan upaya yang harus dilakukan jika berada disebuah lokasi (dalam gedung) saat terjadi gempa.

Mengingat banyaknya siswa serta terbatasnya daya tampung diruang Pusdalops PB, siswa-siswi dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama menyaksikan pemaparan dan pengenalan perlengkapan BPBD diantaranya perlengkapan Rescue (Pertolongan/ Penyelamatan).

Antusiasnya para siswa ini ditunjukkan dengan begitu semangatnya mencoba beberapa peralatan kebencanaan. siswa-siswi juga aktif bertanya ke para instruktur terkait nama dan fungsi alat yang ditampilkan.

Sementara itu diruang Pusdalops PB riuh dan semangat para siswa dalam menyimak penjelasan peralatan apa saja yang ditampilkan membuat Kalaksa BPBD Kota Probolinggo sedikit gugup menghadapi pertanyaan dan komentar para siswa.

Para siswa ini sahut menyahut merespon apa yang disampaikan kalaksa BPBD Kota Probolinggo diruang Pusdalops PB. Selain mengenal dan bisa mengetahui Informasi terkait Gempa, suhu dan juga informasi curah hujan hingga bagaimana suatu daerah dapat tiba-tiba terjadi banjir tak luput dari penjelasan Kalaksa kepada para siswa dan pendamping siswa yang tak lain adalah para guru.

Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian paket Protokol Kesehatan yang terdiri dari Masker, Handsanitizer, Sabun Cuci tangan, Sabun mandi, disinfektan dan stiker jalur evakuasi oleh BPBD Kota Probolinggo kepada TKIT Permata 2 Kedopok. (CNN)