Saat ini sebagian besar wilayah Jawa Timur telah memasuki musim kemarau. Ketika musim kemarau, berhembus angin muson timur – tenggara yang membawa masa udara dari Benua Australia yang bersifat dingin dan kering. Suhu dingin pada musim kemarau terjadi karena saat musim kemarau langit cerah dan tidak tertutup awan. Radiasi yang dipancarkan oleh bumi akan dipancarkan kembali ke luar angkasa pada malam harinya. Karena tidak adanya tutupan awan, maka energi tersebut akan diteruskan besar-besaran ke luar angkasa yang mengakibatkan suhu di bumi menjadi dingin. Kondisi ini sering disebut dimasyarakat sebagai “Bediding”. BMKG menambahkan bahwa kondisi ini normal ketika musim kemarau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo, dalam beberapa hari terakhir masyarakat mengeluhkan tentang suhu dingin dan angin berhembus cukup kencang meski kini telah memasuki musim kemarau. Mengacu pada prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Kota Probolinggo untuk hari ini (Jumat 24 Juni 2022) terpantau CUACA – cerah berawan hingga terik dengan suhu berkisar 24 – 32C dan kecepatan angin berkisar antara 14 – 30 KM/jam.

ANGIN GENDING
Angin Gending adalah Angin (kencang) tipe fohn yang berembus pada musim kemarau dan sifatnya panas serta kering, dapat berhembus hingga 35 KM/Jam, dapat mengakibatkan tanaman rusak serta dapat dirasakan di beberapa wilayah di porobolinggo maupun pasuruan Jawa Timur. Fenomena angin gending ini diprediksi hingga masuk bulan Agustus 2022 sebagai puncak kecepatan maksimal.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai satelit cuaca hingga akhir bulan (Juni) ini sebagian besar wilayah Kota Probolinggo akan merasakan hembusan angin cukup kencang berkisar antara 17 – 31 KM/jam.

 

DATA VEKTOR ANGIN
Secara umum dapat dijelaskan bahwa sebagian besar wilayah Kota Probolinggo suhu terendah berada pada kisaran 19 – 24o C. Berikut tabel prakiraan suhu dan kecepatan angin untuk beberapa hari kedepan.

HIMBAUAN
BPBD Kota Probolinggo melansir informasi dari BMKG bahwasanya menghimbau masyarakat agar senantiasa mempersiapkan diri terhadap perubahan suhu disiang maupun malam hari serta mengantisipasi pergerakan angin (cukup kencang) yang dapat mengakibatkan pohon tumbang maupun benda-benda dengan ketinggian tertentu.

 

Referensi :
1. https://bpbd.probolinggokota.go.id/prakiraan-cuaca/
2. https://www.tomorrow.io/weather/id/ID/JI/Kota_Probolinggo/056790/daily/
3. https://www.bmkg.go.id/satelit/satelit.bmkg?Sat=15&id=0
4. https://www.windy.com/-7.740/113.220/wind?gfs,2022062500,-7.772,113.250,12