Ribuan santriwan dan santriwati tampak memadati lapangan terbuka Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin yang terletak dikecamatan Kademangan Kota Probolinggo pada hari Jumat 22 Oktober 2021. Ribuan santri ini merupakan gabungan santri yang terdiri dari santri ponpes Riyadlus Sholihin sendiri dan juga santri pondok pesantren lain se-Kota Probolinggo yang mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021. Saat tim “MAS NGAWI” tiba dilokasi, sebagian besar santri sudah dalam barisan berseragam jubah khas layaknya kyai dan telah menggunakan masker serta tidak merapatkan barisan layaknya upacara dalam kondisi normal.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, yang juga dihadiri Forkopimda, Sekda Kota Probolingo, drg Ninik Ira Wibawati, para asisten, kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat, kyai dan ulama di Kota Probolinggo. Peringatan sendiri, berlangsung meriah dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.  Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan apresiasi positif atas keberhasilan melangsungkan kegiatan (upacara) seperti ini ditengah kondisi pandemi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita tadi lihat meriahnya, semangatnya, antusiasnya dan tidak kalah penting mereka juga bisa melaksanakan rangkaian kegiatan upacara mulai dari baris-berbaris, mengibarkan bendera, melakukan SOP yang sesuai ketentuan, mereka bisa,” tegas Walikota.

Walikota berharap, kedepan kemampuan para santri dan santriwati tak hanya pandai dalam ilmu agama, namun pula pandai di bidang ilmu secara umum sehingga nantinya, bisa dicetak sebagai kader yang berguna bagi bangsa dan negara. “Masih di tengah Pandemi Covid-19 ini, kami juga mengapresiasi sikap para santri yang tetap patuh protokol kesehatan dalam melakukan kegiatannya,” ujarnya.

“Tentu harapan saya, lewat peran santri dan santriwati ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat terkait (pelaksanaan) Prokes (protokol kesehatan: Red),” ujar Habib Hadi.

Selain itu pula, Pemerintah Kota Probolinggo berupaya semaksimal mungkin menekan penyebaran Covid-19 ini salah satunya adalah dengan terus memberikan edukasi yang masif kepada masyarakat tentang pentingnya 3M (Memakai Masker, Menjauhi Kerumunan dan selalu Mencuci tangan). Dalam kegiatan ini, BPBD Kota Probolinggo telah menyalurkan bantuan Protokol Kesehatan diantaranya 4200 pcs masker, sabun mandi (batangan), sabun cuci tangan serta hand sanitizer.

 

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan HSN ini, BPBD Kota Probolinggo telah menerjunkan tim “MAS NGAWI” untuk melaksanakan kegiatan edukasi, sosialisasi dan juga pencegahan COVID-19 di beberapa lembaga pendidikan salah satunya di Pondok Pesantren Zainul Islhah di Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Kegiatan yang dilaksanakan pada  tanggal 15 Oktober 2021 ini juga turut menyertakan PMI Kota Probolinggo untuk membantu melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungan ponpes.

Akhir kata, Segenap Keluarga Besar BPBD Kota Probolinggo mengucapkan SELAMAT HARI SANTRI TAHUN 2021 SANTRI SIAGA JIWA RAGA