Pada Rabu, 9 November 2022, beberapa ahli dari Sekolah Pascasarjana melanjutkan materi yang lebih difokuskan pada pemberian pelatihan dengan tema umum “Pelatihan Penguatan Kapasitas Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) untuk Peningkatan Ketahanan Lingkungan, ekonomi dan Sosial Masyarakat terhadap Bencana di Kota Probolinggo”. Tiga pelatihan ini diampu oleh akademisi berkompeten diantaranya Prof. Amin Setyo Leksono, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Harsuko Riniwati, MS, dan Fitri Candra Wardana, SE., M.Acc.,Ph.D.


Kegiatan yang menyasar pada pelaku usaha (UMKM) serta anggota FPRB ditingkat kelurahan dilaksanakan di kantor BPBD Kota Probolinggo diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran pengetahuan dan penjalin kerjasama yang lebih baik antara Kota Probolinggo dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya dalam menyongsong era pasca-pandemi Covid 19.
Asisten Pemerintahan Pemkot Probolinggo Ir. Gogol Sudjarwo, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan harapan Pemerintah Kota Probolinggo agar kegiatan (Diklat & Pendampingan) seperti ini tidak cukup berhenti disini namun juga berharap kedepan BPBD maupun kalangan akademisi dapat senantiasa menyusun program lanjutan secara berkesinambungan.


Senada, Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo menyampaikan bahwa Tim DOKAR Sekolah Pascasarjana UB ini terdiri dari para Profesor dan Dosen yang berkompeten di bidang Ekonomi, UMKM, penanggulangan bencana, termasuk di antaranya penanganan pasca-pandemi COVID-19. Dalam era Industri 4.0, dosen bukan hanya dituntut ahli dalam mengajarkan, meneliti, dan mengabdi kepada masyarakat tetapi juga dituntut untuk mampu memiliki networking yang luas dan pengalaman kerja di luar kampus. (CNN)