Bagaimana cara membaca informasi Prakiraan Cuaca dan Laporan Citra Radar

Masyarakat pada umumnya saat menerima informasi kondisi cuaca atau laporan sebuah kejadian yang disebabkan adanya perubahan cuaca secara mendadak akan serta merta menyebarluaskan tanpa mencoba memahami lebih detail informasi apa saja yang telah tersaji dalam sebuah flyer/ poster Prakiraan Cuaca dan Laporan Citra Radar. Berikut kami mengulasnya untuk anda - selengkapnya

Warna pada peta menunjukkan intensitas curah hujan disuatu wilayah


Prakiraan cuaca seringkali merupakan faktor terpenting dalam memutuskan apa yang akan dikenakan. Cuaca juga berdampak pada aktivitas di luar ruangan. Mengetahui cara membaca ramalan cuaca adalah keterampilan yang dianggap remeh oleh banyak orang. Namun, beberapa simbol dan singkatan pada pandangan pertama tidak intuitif.

  • Prakiraan cuaca tidak pernah ditetapkan. Semakin jauh waktu perkiraan berjalan, semakin tidak dapat diandalkan. Selalu bersiaplah untuk hal yang tak terduga.
  • Prakiraan cuaca buruk harus ditanggapi dengan serius. Jauhi jalan selama badai salju. Demikian juga, jangan keluar rumah jika jam tangan tornado aktif.

Sobat Tangguh tentunya perlu cermat dan bijak nih ketika membaca berita tentang prediksi cuaca dan mampu menilai risiko ketika berpergian keluar rumah atau untuk antisipasi bencana di lingkungan rumahnya.

Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca adalah hasil dari proses prediksi (forecasting) keadaan atmosfer untuk suatu tempat dan waktu tertentu dengan menggunakan ilmu pengetahuan meteorologi dan teknologi. Ahli meteorologi juga mempelajari berbagai proses yang terjadi dilautan dan didarat.

Akurasi Prediksi

Data awal untuk menghitung prakiraan cuaca akan menghasilkan prediksi mendekati 100% akurat. Setiap stasiun cuaca memiliki kondisi alam yang terus berubah-ubah. Satelit cuaca memiliki margin of error tertentu. Itu sebabnya model cuaca diberikan nilai kemungkinan untuk durasi prediksi tertentu seperti 90% untuk besok/ 75% untuk 5 hari kedepan. Secara umum, atmosfer bumi adalah sistem yang sangat kompleks, sehingga perkiraan yang 100% akurat tidak mungkin dilakukan.


Citra Radar BMKG

Citra radar cuaca menggambarkan potensi intensitas curah hujan yang dideteksi oleh radar cuaca. Pengukuran intensitas curah hujan (presipitasi) oleh radar cuaca berdasarkan seberapa besar pancaran energi radar yang dipantulkan kembali oleh butiran-butiran air di dalam awan dan digambarkan dengan produk Reflectivity yang memiliki besaran satuan dBZ (decibel). Makin besar energi pantul yang diterima radar maka makin besar juga nilai dBZ, dan semakin besar nilai dBZ reflectivity menunjukkan intensitas hujan yang terjadi semakin besar.


Jangkauan terjauh/maksimum produk Reflectivity dari radar BMKG adalah sekitar 240 km dari lokasi radar.

Skala dBZ pada legenda berkisar 5 - 75 yang dinyatakan dengan gradasi warna biru langit hingga ungu muda. Jika gradasi warna semakin ke arah ungu maka semakin tinggi intensitas hujannya. Kisaran intensitas hujan berdasarkan skala warna dBZ dan mm/jam disajikan seperti dalam tabel berikut: Skala dBZ pada legenda berkisar 5 - 75 yang dinyatakan dengan gradasi warna biru langit hingga ungu muda. Jika gradasi warna semakin ke arah ungu maka semakin tinggi intensitas hujannya. Kisaran intensitas hujan berdasarkan skala warna dBZ dan mm/jam disajikan seperti dalam tabel berikut:

Kategori Intensitas Hujan Nilai dBZ mm/jam

Hujan ringan (light rain) 25 s/d 35 1 s/d 5

Hujan sedang (moderate rain) 35 s/d 45 5 s/d 10

Hujan lebat (heavy rain) 45 s/d 55 10 s/d 20

Hujan sangat lebat (very heavy rain) >55 >20

Sumber : Diolah dari petabencana.id dan berbagai sumber

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT