Berita Terpopuler

news
PERINGATAN DINI Senin, 08 Mei 2023

BMKG : Pada 2023, Indonesia akan mengalami musim kemarau yang cukup panjang

Dampak cuaca panas juga dirasakan masyarakat Kota Probolinggo dalam beberapa hari ini. Hal ini juga berdampak pada kondisi yang dapat menyebabkan potensi bencana diantaranya Kebakaran, angin kencang sesaat dan peningkatan debit air aliran sungai. Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo mencatat selama bulan Mei 2023 setidaknya terdapat beberapa kejadian Pohon tumbang, Kebakaran dan adanya peningkatan debit air di sungai Legundi.
news
PERINGATAN DINI Minggu, 19 November 2023

Suhu Panas Kapan akan Berakhir ? Berikut Penjelasannya

Sejumlah wilayah di Jawa Timur khususnya Kota Probolinggo merasakan suhu yang cukup panas. Suhu temperatur rata-ratanya adalah sekitar 30° sampai dengan 35°C. Di sosial media sendiri, banyak warganet yang mengeluhkan tentang suhu panas ini. Dampak dari suhu panas yang meningkat ini membuat masyarakat di Kota Probolinggo dan sekitarnya merasa gerah.
news
PERINGATAN DINI Rabu, 12 Juli 2023

Mengapa Suhu (lebih) dingin dimalam hari dan Bagaimana Kiat Jaga Kondisi saat Musim Kemarau

Berdasarkan pantauan Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo, dalam sepekan ini diperkirakan Kota yang terkenal dengan "Seribu Taman" akan diselimuti cuaca cerah berawan sepanjang hari dengan suhu berkisar antara 19ᵒ C hingga 32ᵒ C. Pada malam hari suhu dapat mencapai 17ᵒ C dengan rerata kecepatan angin berkisar antara 11 Km/jam hingga 22 Km/jam dan kelembaban mencapai 68% hingga 71%. Pemerintah Kota Probolinggo melalui BPBD Kota Probolinggo menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi perubahan suhu y
news
SOSIALISASI Sabtu, 25 Februari 2023

Bagaimana cara membaca informasi Prakiraan Cuaca dan Laporan Citra Radar

Masyarakat pada umumnya saat menerima informasi kondisi cuaca atau laporan sebuah kejadian yang disebabkan adanya perubahan cuaca secara mendadak akan serta merta menyebarluaskan tanpa mencoba memahami lebih detail informasi apa saja yang telah tersaji dalam sebuah flyer/ poster Prakiraan Cuaca dan Laporan Citra Radar. Berikut kami mengulasnya untuk anda - selengkapnya
news
BPBD Selasa, 03 Januari 2023

Masyarakat mulai merasakan angin kencang dan suhu relatif dingin, bagaimana penjelasannya ??

Saat ini sebagian besar wilayah Jawa Timur telah memasuki musim kemarau. Ketika musim kemarau, berhembus angin muson timur – tenggara yang membawa masa udara dari Benua Australia yang bersifat dingin dan kering. Suhu dingin pada musim kemarau terjadi karena saat musim kemarau langit cerah dan tidak tertutup awan. Radiasi yang dipancarkan oleh bumi akan dipancarkan kembali ke luar angkasa pada malam harinya.
news
SOSIALISASI Selasa, 03 Januari 2023

7 Peran Strategis Relawan

Relawan/sukarelawan (volunteer) bukanlah profesi, melainkan sebuah perilaku yang berdasar pada panggilan jiwa.
news
SOSIALISASI Senin, 06 Maret 2023

BNPB rilis Buku Risiko Bencana Indonesia (RBI) tahun 2023

Buku Risiko Bencana Indonesia (RBI) tahun 2023 telah diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Februari 2023. Buku ini menggambarkan dan menjelaskan kondisi risiko bencana di seluruh wilayah Indonesia. Informasi tersebut merupakan langkah awal dalam identifikasi risiko bencana yang ada disekitar kita dan dapat menjadi acuan dalam menjalankan manajemen risiko selanjutnya baik terkait perencanaan maupun perumusan kebijakan dan aksi.
news
PERINGATAN DINI Kamis, 16 Maret 2023

ElNino 2023 telah memasuki Indonesia, berpotensi kemarau cukup panjang dibeberapa wilayah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menghimbau berbagai pihak terkait termasuk masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau terutama diwilayah yang mengalami sifat Musim Kemarau bawah normal (lebih kering dibanding biasanya). Menurut Kepala BMKG, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang berada di wilayah awal musim kemarau, sebaiknya bersiap untuk membuat sumur resapan atau membuat cadangan air minum.
LINK TERKAIT