Jelang Puncak Musim Kemarau, BPBD Himbau Tingkatkan Kewaspadaan Akan Dampak Hidrometeorologis

Berdasakan riis BMKG bahwasanya saat ini diprediksi seluruh wilayah Indonesia telah mengalami musim kemarau, meski ditahun 2024 ini sebagaian besar wilayah Indonesia mundur dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. BMKG juga telah memprediksi puncak musim kemarau akan berlangsung pada bulan Juli dan Agustus 2024. "Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologinya (periode 1991-2020), maka awal musim Kemarau 2024 di Indonesia diprediksi MUNDUR pada 282 ZOM (40%), SAMA pada 175 ZOM (25%), dan MAJU pada

Kondisi ENSO di musim kemarau

Kedopok - Berdasakan riis BMKG bahwasanya saat ini diprediksi seluruh wilayah Indonesia telah mengalami musim kemarau, meski ditahun 2024 ini sebagaian besar wilayah Indonesia mundur dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. BMKG juga telah memprediksi puncak musim kemarau akan berlangsung pada bulan Juli dan Agustus 2024.

"Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologinya (periode 1991-2020), maka awal musim Kemarau 2024 di Indonesia diprediksi MUNDUR pada 282 ZOM (40%), SAMA pada 175 ZOM (25%), dan MAJU pada 105 ZOM (15%)," ungkap Dwikorita dalam Konferensi Pers Awal Musim Kemarau di Kantor BMKG di bilangan Kemayoran, Jakarta (15/3/2024). 

Meski ditengah kondisi musim kemarau, BMKG memantau dibeberapa wilayah Indonesia masih akan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat (diatas 100 mm/hari) yang disebabkan dinamika atmosfer terkini. Salah satu faktor yang dapat mendukung adanya pertumbuhan awan hujan adalah adanya aktifitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif dibeberapa wilayah Indonesia.

Di Jawa timur, sebagaian wilayahnya akan terkena dampak perubahan iklim yang ditandai dengan turunnya Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/ petir dan angin kencang. Fenomena atau kondisi cuaca ini akan berlangsung mulai tangal 28 Juni - 4 Juli 2024.

KONDISI CUACA KOTA PROBOLINGGO

Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo memantau hingga sepekan kedepan, sebagaian besar cuaca di Kota Probolinggo diprediksi akan CERAH BERAWAN meski dibeberapa wilayah akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Kecepatan angin berkisar antara 8 - 15 km/jam dengan tingkat kelembaban antara 80 - 95%. Kondisi suhu yang terasa dingin dimalam hari berkisar antara 23 - 26 C juga dipengaruhi adanya fenomena angin gending.

Pemerintah Kota Probolinggo melalui BPBD Kota Proboinggo menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang cenderung ekstrem. Selain itu masyarakat juga dihimbau menjaga kondisi sekitar dengan tidak membuang sampah, membakar sampah/ bahan yang mudah terbakar secara sembarangan.  

Untuk informasi detail dan update terkini silahkan mengakses informasi prakiraan cuaca beserta potensi hidrometeorologis yang dikeluarkan BMKG melalui : 

1. Kanal Website : 

   a. https://bpbd.probolinggokota.go.id

   b. https://siaga247.probolinggokota.go.id

2. Kanal Media Sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp Channel

Sumber : 

1. Siaran Pers BMKG tertanggal 15 Maret 2024

2. Rilis Pusat Meteorologi Publik BMKG Deputi Bidang Meteorologi tentang Prospek Cuaca Indonesia Seminggu Kedepan tertanggal 27 Juni 2024 

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT